Kamis, 28 November 2013

Khasiat / Manfaat Sambal Atau Sambel Untuk Kesehatan


Hmm, panas-panas begini enaknya makan bakso nih biar kembali seger.. rasanya makan bakso kalo nggak pakai sambal kurang sedap. Tampaknya sambal udah jadi salah satu menu makanan yang lumayan favorit di lidah masyarakat Indonesia. Bahkan ada beberapa penelitian yang mengatakan bahwa katanya sambal juga memiliki khasiat yang bagus untuk kesehatan tubuh kita. Di restoran yang terkenal pun juga menyediakan sambal, jadi sepertinya kehadiran sambal mungkin udah ada dan dikenal oleh berbagai dunia, namun dengan cirri khas sambal yang berbeda-beda.


Khasiat makan sambal adalah dapat membuat selera makan kita menjadi bertambah, secara logikanya, kalo kita makan sambal, nanti kita kepedesan terus kita jadi nambah lagi nasinya dan lauknya juga, jadi porsi makan kita jadi bertambah kan? Hehehe….
Kandungan yang ada di dalam sambal juga memiliki khasiat yang bagus untuk kesehatan tubuh kita, seperti dapat membantu kita dalam menghadapi sakit jantung. Bagi orang yang sedang mengalami sakit flu ataupun demam.

Makan sambal dapat membantu menyembuhkan kedua penyakit tersebut, apalagi kalo makan sambal dengan menu makanan yang ada kuah dan panas, seperti makan bakso dengan sambal. Karena dengan makan panas dan ada sambal tersebut, tubuh kita akan mengeluarkan keringat sehingga kita jadi segar dan membantu kesehatan tubuh juga.
Bagi yang mau diet, terutama kaum wanita, sambal bisa jadi salah satu alternative yang mudah. Karena dengan makan – makanan yang ada sambal nya, dapat membuat kalori kita menjadi berkurang, karena sambal yang kita makan dapat membakar kalori yang ada di dalam tubuh kita. Mungkin ada penelitian tentang hal ini, tapi saya sendiri juga masih belum tau lebih lanjut tentang manfaat yang satu ini.
Sambal sendiri sebenarnya udah aja sejak lama, terutama di Indonesia. Indonesia popular juga dengan sambalnya karena rempah-rempah yang dihasilkan untuk membuat sambal ini. Kan kita tau bahwa rempah-rempah itu digunakan untuk berbagai macam hal dan dapat membuat tubuh kita menjadi lebih sehat, makanya waktu jaman penjajahan, bangsa asing banyak yang berdatangan ke Indonesia hanya untuk menguasai rempah-rempah di tanah air kita. Sepenting itukah?

Satu hal yang pasti dengan makan-makanan bumbu sambal ini adalah dapat menggoyang lidah kita, karena sambal juga dapat membuat masakan menjadi lebih sedap, sehingga lebih nikmat dan tentunya menggugah selera kita. 


 Asalkan makan sambalnya tidak berlebihan atau over dosis ^_^ Bisa bahaya juga.

Tidak ada komentar: