Kamis, 07 November 2013

Gejala Motor 4 Tak Ngebul Asap Putih

Motor 2 tak ngebul ? itu sih biasa karena adanya oli samping yang terbakar, di ruang bakar. tapi kalo mesin 4 tak ngebul baru itu tidak biasa loh !. itu merupakan tanda ada yang tidak beres di dalam mesin motor anda. tenang tak perlu panik tinggal cermati asap dari knalpot, dari sana bisa diketahui bagian mana yang mengalami kerusakan.
asap_1asap_2asap_3
contoh jika warna asap hitam keabu-abuan itu tandanya campuran bensin terlalu banyak/kaya di dalam karburator, ini bisa diperbaiki dengan melakukan settingan karburator. lain halnya jika yang keluar asap putih kaya asap rokok, itu tandanya ada oli yang ikut terbakar di ruang bakar, akibatnya oli akan berkurang secara perlahan.(Gbr 1)
oli yang terbakar tadi dapat disebabkan oleh karena lemahnya kinerja ring piston (Ring Oli) yang sudah tidak sanggup menahan oli di kruk as supaya tidak bocor ke ruang bakar. (gbr 2)
bila itu terjadi terjadi silahkan mengganti ring piston, tetapi jika kerusakan lebih parah seperti terdapat kerusakan/ baret pada dinding liner, maka harus dilakukan oversize baik pada boring maupun pistonnya.
sebeb yang kedua, bisa diakibatkan oleh seal klep  (gbr 3) yang sudah kedaularsa atau rusak. seal klep ini berfungsi menahan oli yang berada di dalam kepala silinder agar oli tidak masuk melalui klep masuk maupun klep buang. seal klep lama kelamaan akan mengalami penurunan elastisitas sehingga menjadi keras sehingga pada bagian yang bergesekan sering terjadi gosong tapi untuk menggantinnya tinggal siapkan uang 20 ribu rupiah saja…. murahkan…

Sumber : Ridwanstar Wordpress

Tidak ada komentar: