Kamis, 14 November 2013

Kenapa Aki Tidak Kuat Buat Starter

 
Mesin tidak kuat distarter? Mengapa?

Hal ini terjadi kemungkinan karena baterai atau aki tidak menyimpan setrum atau arus listrik.

a.Pada aki jenis hybrid atau premium, penyebab utamanya adalah kekurangan air aki. Bila berada di bawah lower level segera tambahkan. Karena, air aki berfungsi untuk membantu mendinginkan sel-sel aki. Tugas itulah yang membuat air aki berkurang (menguap saat menyerap panas).
Nah, bila air aki berkurang dan tidak segera ditambah, akan membuat sel-sel di dalam aki melengkung –harusnya sel-sel ini sejajar dan tegak lurus. Lengkungan sel-sel ini bisa membuat plat positif dan negatif bersentuhan, yang akhirnya membuat korsleting.
Korsleting itulah yang membuat aki tidak mampu menyimpan setrum.

b.Sisi lain yang perlu diperiksa adalah terminal aki. Cek apakah terjadi korosi atau tidak. Lihat juga kabel positif dan negatif. Mungkin kendor atau longgar.

c.Korosi dan kabel yang kendor membuat daya hantar arus listrik lemah. Sehingga, arus yang mengalir ke motor starter kecil dan tidak cukup kuat untuk memutar mesin.

Apabila setelah air aki diisi kembali, korosi dibersihkan serta kabel dikencangkan namun tetap tidak mau di-starter, coba lakukan `baterai jumper`, atau `dipancing`.
Sumber : Facebook

Tidak ada komentar: