Sabtu, 30 November 2013

Foto Yang Bernilai


Setiap orang mungkin bisa menggunakan kamera, menekan tombok Shutter dan menghasilkan foto yang "BAGUS" sesuai dengan kemampuan kamera jika di set secara Otomatis. Itu artinya bagus tidaknya hasil gambar ditentukan kamera? Saya rasa tidak.
Bagus belum tentu bernilai tetapi sesuatu yang bernilai bisa dikatakan bagus. Lalu seperti apakah fotografi yang memiliki nilai seni ataupun nilai jual tersebut?
Berikut saya gambarkan beberapa alasan mengapa sebuah Seni Fotografi ada yang bernilai Jutaan hingga Ratusan Juta Rupiah.
Alasan-alasan tersebut diantaranya :
  1. Proses yang Sulit. Fotografi yang memiliki nilai jual yang tinggi biasanya memiliki proses yang tidak mudah untuk dibuat.
  2. Adanya Suatu Kerjasama. Kerjasama beberapa pihak seperti si Fotografer, Talent (Subjek yang akan di foto) serta beberapa tim pendukung dapat berpengaruh terhadap hasil yang nantinya bisa menjadi karya yang memiliki nilai jual yang tinggi, tentu saja harus memiliki perbedaan kepada hal yang tidak bisa dibuat oleh perorangan.
  3. Ide dan Kreatifitas yang Berbeda. Ide berupa konsep yang berbeda dan sulit untuk ditiru bisa berpengaruh terhadap hasil dengan tetap memperhatikan prinsip-prinsip seni Fotografi. Seperti halnya sesuatu yang langka akan bernilai mahal dibandingkan dengan hal-hal yang mudah untuk di dapatkan.
  4. Momentum. Pemilihan waktu yang tepat dan keterbatasan waktu bisa menjadi salah satu alasan sebuah seni fotografi memiliki nilai yang tinggi pula. Seperti halnya kejadian yang tidak bisa diulang dua kali. Ada hubungannya dengan pepatah "Hal yang paling berharga adalah waktu yang telah lewat. Kita tidak akan bisa membelinya kembali."
  5. Perlengkapan yang tidak sedikit. Memang bukan sebuah patokan utama bahwa mahalnya alat menjadi alasan hasil foto memiliki nilai jual yang tinggi, namun jika sebuah seni itu hanya bisa diciptakan oleh peralatan yang mahal bisa jadi menghasilkan karya seni yang mahal pula. Dengan catatan bahwa karya tersebut tidak bisa dibuat oleh alat yang biasa-biasa saja atau empat point di atas sudah dilewati.
  6. Kemasan. Foto yang bernilai jual tinggi biasanya dikemas dengan sangat apik. Kemasan tersebut bisa berarti layanan saat proses sampai dengan bisa dinikmati oleh mata yang terpajang dalam sebuah album atau bingkai yang tentu saja memiliki nilai seni.
Nah itu tadi beberapa dari mungkin banyak alasan mengapa sebuah karya fotografi bisa termasuk ke dalam katergori karya seni bernilai jual.

Semoga dapat menginspirasi kita semua.
Salam. 
 
Sumber :Bilix Photograph Blog

Tidak ada komentar: