Minggu, 28 Oktober 2012

Manfaat Daun Binahong

Khasiat daun binahong telah dikenal masyarakat dari dahulu kala. Tanaman yang berasal dari Tiongkok ini dapat menyembuhkan penyakit dalam dan mengandung banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Untuk lebih jelasnya pada artikel blog usaha sukses ini akan dibahas mengenai manfaat daun binahong untuk kesehatan.





Daun Binahong adalah tanaman obat yang berasal dari Tiongkok yang dikenal dengan nama asli Dheng San Chi. Binahong dikenal juga di Indonesia dengan nama Gendola. Tumbuhan merambat ini belum banyak penelitian ilmiah yang mengungkapkan khasiatnya. Namun, masyarakat memanfaatkannya untuk membantu proses penyembuhan beragam penyakit. Binahong merupakan obat mujarab untuk menyembuhkan luka luar maupun dalam akibat tembakan maupun goresan senjata tajam.

Khasiat manfaat daun binahong adalah mempercepat pemulihan kesehatan setelah operasi, melahirkan, khitan, segala luka-luka dalam, radang usus, melancarkan dan menormalkan peredaran dan tekanan darah, mencegah stroke, maag, asam urat, menambah daya tahan tubuh, obat penyakit wazir atau ambeien, memperlancar buang air kecil, buang air besar dan mengobati diabetes.

Seluruh bagian tanaman Binahong ini memilki khasiat yaitu mulai dari akar, batang dan daunnya. Pemanfaatanya bisa direbus atau dimakan sebagai lalapan untuk daunnya dengan aturan dosis untuk penyakit batuk dan muntah darah 10 lembar daun/hari, paru-paru bolong 10 lembar/hari, kencing manis 11 lembar/hari, sesak nafas 7 lembar/harir, borok akut menahun 12 lembar/hari, patah tulang 20 lembar/hari, darah rendah 8 lembar/hari, radang ginjal 7 lembar/hari, gatal eksim kulit 9 lembar/hari, gegar otak 15 lembar/hari dan gejala liver 10 lembar/hari. Sedangkan untuk penyembuhan penyakit ringan seperti sariawan, pusing-pusing dan sakit perut maka hanya diperlukan waktu penyebuhan sekitar satu sampai tujuh hari dengan aturan dosis lima lembar per hari.

Tidak ada komentar: