oli yang terbakar tadi dapat disebabkan oleh karena lemahnya kinerja ring piston (Ring Oli) yang sudah tidak sanggup menahan oli di kruk as supaya tidak bocor ke ruang bakar. (gbr 2)
bila itu terjadi terjadi silahkan mengganti ring piston, tetapi jika kerusakan lebih parah seperti terdapat kerusakan/ baret pada dinding liner, maka harus dilakukan oversize baik pada boring maupun pistonnya.
sebeb yang kedua, bisa diakibatkan oleh seal klep (gbr 3) yang sudah kedaularsa atau rusak. seal klep ini berfungsi menahan oli yang berada di dalam kepala silinder agar oli tidak masuk melalui klep masuk maupun klep buang. seal klep lama kelamaan akan mengalami penurunan elastisitas sehingga menjadi keras sehingga pada bagian yang bergesekan sering terjadi gosong tapi untuk menggantinnya tinggal siapkan uang 20 ribu rupiah saja…. murahkan…
Sumber : Ridwanstar Wordpress
Tidak ada komentar:
Posting Komentar