Sabtu, 30 November 2013

Tips Agar Tidak Merasa Kekurangan Uang


Harga barang kebutuhan yang terus naik, serta biaya pendidikan dan kesehatan yang semakin tinggi, seringkali membuat kita khawatir. Bisakah kita memenuhi kebutuhan kita dalam jangka panjang dengan cara yang layak? Mampukah kita menyekolahkan anak di tempat yang berkualitas? Bagaimana kalau tiba-tiba terjadi perampingan karyawan dan kita termasuk yang di-PHK? Masih adakah uang yang bisa ditabung agar kita bisa pensiun sambil tetap menikmati hidup?
Hal-hal tersebut adalah sesuatu yang nyata, dan sulit rasanya untuk tidak memikirkannya. Sebab, memiliki uang artinya sama dengan rasa mampu untuk bertahan hidup. Jika keuangan sedang surut, kita merasa pertahanan hidup kita terancam. Padahal, apa yang kita perlukan untuk bertahan dan apa yang kita yakini kita butuhkan untuk bertahan hidup adalah dua hal yang berbeda. Perasaan diri kita lah yang terancam. Sebab, memiliki cukup uang membuat kita merasa berharga sebagai manusia.

Nah, karena kekhawatiran ini kerap kita rasakan akhir-akhir ini, apa yang sebaiknya kita lakukan?

1. Berhentilah memikirkan hal-hal yang belum terjadi. Kekhawatiran tentu berkaitan dengan masa depan, sementara pada saat ini kita mungkin belum mengalami kekurangan uang. Coba pahami situasi Anda saat ini, apakah segalanya masih dapat Anda atasi? Setidaknya, Anda masih bisa bekerja dengan gaji yang cukup baik. Pernah mendengar bahwa banyak orang  tak punya tabungan, atau bahwa orang Indonesia tidak disiplin menabung? Kebanyakan dari mereka justru tak pernah mengkhawatirkan soal uang. Lagipula, terus-menerus khawatir bakal kekurangan uang toh tidak akan menyelesaikan masalah. Anda malah jadi tidak produktif saat bekerja.

2. Gunakan waktu yang ada untuk mencari uang tambahan. Daripada menghabiskan waktu dengan mengkhawatirkan bagaimana jika Anda kelak tidak punya uang, lebih baik gunakan waktu tersebut untuk mencari penghasilan tambahan. Entah dengan mencari pekerjaan sampingan, atau membuka bisnis kecil-kecilan. Mungkin tidak sesederhana itu mewujudkannya, tetapi paling tidak Anda telah berusaha.

3. Percaya diri. Salah satu alasan mengapa kita mengkhawatirkan kondisi keuangan kita adalah karena kita kurang percaya diri dengan kemampuan kita untuk memiliki penghasilan. Percaya diri datang dari kesuksesan, dan kesuksesan terjadi karena kita melakukan tindakan nyata. Cobalah untuk melakukan sesuatu, tanpa terlalu ribet memikirkan hasilnya. Belajarlah dari usaha dan kegagalan Anda, dan jangan menyerah.

4. Tingkatkan daya saing Anda. Bila Anda menyadari bahwa Anda kurang dilirik oleh atasan untuk menangani proyek-proyek penting, atau jarang menerima kenaikan gaji, segera cermati penyebabnya. Apakah Anda kurang berani meminta kenaikan gaji, atau Anda memang tidak mempunyai kemampuan untuk bersaing dengan orang lain? Kalau memang ini jawabannya, segera tingkatkan kompetensi Anda. Ketika Anda merasa mampu melakukan proyek-proyek yang selama ini diberikan kepada rekan kerja, sampaikan hal itu pada atasan. Dengan mendapatkan kepercayaan dari perusahaan, Anda akan tahu bahwa Anda cukup berharga di perusahaan ini. Bila Anda memang cukup berharga, tak ada yang perlu dikhawatirkan bukan?

5. Ubah gaya hidup Anda.
Cermati bagaimana gaya hidup Anda sekarang. Malas membawa makanan yang sudah dimasak asisten rumah tangga, dan lebih suka makan siang di luar kantor? Mudah tergoda untuk membeli majalah, CD, DVD, atau pernak-pernik yang lucu? Tak mau kalah jika teman Anda memborong pakaian, tas, dan sepatu yang sedang didiskon, atau membeli gadget terbaru? Nah, ubah semua kebiasaan buruk Anda tersebut. Berhematlah mulai dari hal yang paling kecil. Ketika berhemat sudah menjadi kebiasaan, tanpa Anda sadari Anda telah menyisihkan sebagian gaji Anda untuk ditabung.

6. Hiduplah dengan sehat
. Dengan hidup sehat sejak awal, Anda menabung untuk masa tua. Makan enak semaunya, begadang, jarang olahraga, hanya akan menabung penyakit. Jangan lupa, segala penyakit yang populer diderita kaum urban (diabetes, tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, dan lain sebagainya) adalah karena kita tidak memedulikan tubuh kita. Tidurlah dengan cukup, minum banyak air putih, berolahraga lah secara teratur, dan gunakan cuti Anda untuk berlibur sepenuhnya.

7. Syukuri apa yang Anda miliki. Anda masih bekerja di perusahaan yang kondisinya sehat, digaji dengan layak, diberi tunjangan kesehatan dan pendidikan untuk anak, punya rumah dan kendaraan (meskipun masih mencicil), juga punya suami yang masih memberikan nafkah secara teratur untuk keluarga. Maka, bertanggung jawablah dengan apa yang sudah Anda miliki. Artinya, Anda tidak menyi-nyiakan semua anugerah tersebut, dan menggunakannya dengan cara yang terbaik.

Sumber : Female Kompas

Foto Yang Bernilai


Setiap orang mungkin bisa menggunakan kamera, menekan tombok Shutter dan menghasilkan foto yang "BAGUS" sesuai dengan kemampuan kamera jika di set secara Otomatis. Itu artinya bagus tidaknya hasil gambar ditentukan kamera? Saya rasa tidak.
Bagus belum tentu bernilai tetapi sesuatu yang bernilai bisa dikatakan bagus. Lalu seperti apakah fotografi yang memiliki nilai seni ataupun nilai jual tersebut?
Berikut saya gambarkan beberapa alasan mengapa sebuah Seni Fotografi ada yang bernilai Jutaan hingga Ratusan Juta Rupiah.
Alasan-alasan tersebut diantaranya :
  1. Proses yang Sulit. Fotografi yang memiliki nilai jual yang tinggi biasanya memiliki proses yang tidak mudah untuk dibuat.
  2. Adanya Suatu Kerjasama. Kerjasama beberapa pihak seperti si Fotografer, Talent (Subjek yang akan di foto) serta beberapa tim pendukung dapat berpengaruh terhadap hasil yang nantinya bisa menjadi karya yang memiliki nilai jual yang tinggi, tentu saja harus memiliki perbedaan kepada hal yang tidak bisa dibuat oleh perorangan.
  3. Ide dan Kreatifitas yang Berbeda. Ide berupa konsep yang berbeda dan sulit untuk ditiru bisa berpengaruh terhadap hasil dengan tetap memperhatikan prinsip-prinsip seni Fotografi. Seperti halnya sesuatu yang langka akan bernilai mahal dibandingkan dengan hal-hal yang mudah untuk di dapatkan.
  4. Momentum. Pemilihan waktu yang tepat dan keterbatasan waktu bisa menjadi salah satu alasan sebuah seni fotografi memiliki nilai yang tinggi pula. Seperti halnya kejadian yang tidak bisa diulang dua kali. Ada hubungannya dengan pepatah "Hal yang paling berharga adalah waktu yang telah lewat. Kita tidak akan bisa membelinya kembali."
  5. Perlengkapan yang tidak sedikit. Memang bukan sebuah patokan utama bahwa mahalnya alat menjadi alasan hasil foto memiliki nilai jual yang tinggi, namun jika sebuah seni itu hanya bisa diciptakan oleh peralatan yang mahal bisa jadi menghasilkan karya seni yang mahal pula. Dengan catatan bahwa karya tersebut tidak bisa dibuat oleh alat yang biasa-biasa saja atau empat point di atas sudah dilewati.
  6. Kemasan. Foto yang bernilai jual tinggi biasanya dikemas dengan sangat apik. Kemasan tersebut bisa berarti layanan saat proses sampai dengan bisa dinikmati oleh mata yang terpajang dalam sebuah album atau bingkai yang tentu saja memiliki nilai seni.
Nah itu tadi beberapa dari mungkin banyak alasan mengapa sebuah karya fotografi bisa termasuk ke dalam katergori karya seni bernilai jual.

Semoga dapat menginspirasi kita semua.
Salam. 
 
Sumber :Bilix Photograph Blog

Proses Pembuatan Game


Sebelumnya dalam tulisan ini saya sudah menjelaskan sekilias tentang tim dalam sebuah tim. Sekarang saya akan menjelaskan peranan tim-tim yang ada dalam pembuatan suatu game.

1. Programmer
Programmer adalah orang yang bertanggung jawab di dalam penyusunan program pada game. Programmer juga bertugas di dalam software enginering dan melakukan pengkodingan di dalam penyusunan game. Programmer yang berkecimpung di dalam dunia game biasa disebut dengan “Game Programmer”.

2. Designer
Designer merupakan orang yang bertugas untuk mendesain suatu game. Designer bertanggung jawab di dalam tampilan yang akan ditampilkan di dalam game. Dibutuhkan orang-orang yang kreatif dalam tim designer karena tampilan dari suatu game cukup penting untuk menarik minat gamer agar memainkan game yang telah mereka design.

3. Artist
Artist merupakan tokoh-tokoh yang terdapat di dalam suatu game. Tim artist ini bertugas untuk membuat karakter yang ada di dalam game. Setiap tokoh memiliki karakter dan peranannya masing-masing.

4. Composer
Compuser merupakan orang-orang yang bertanggungjawab untuk membuat tema lagu dari game. Dalam suatu game, rasanya akan hampa jika tidak terdapat musik di dalamnya. Musik yang dibuat haruslah sesuai dengan game agar saat gamer bermain game akan merasa nyaman dengan efek suara yang ditampilkan.
Dari keempat tim di atas, masing-masing tim mempunyai peranannya masing-masing dalam pembuatan suatu game. Setiap tim akan saling bekerja sama agar elemen-elemen yang telah dibuat dapat saling bersatu untuk membuat suatu kesatuan yang utuh agar game tersebut menjadi sempurna.

Source:
http://en.wikipedia.org/wiki/Game_programmer

Jumat, 29 November 2013

Kenapa Pemimpin Negara Harus Beragama Islam ?



Islam merupakan agama yang penuh dengan peraturan. Seorang pemimpin yang beragama islam tidak bisa seenaknya memberi kebebasan rakyat-rakyatnya untuk melakukan hal-hal yang di larang islam seperti berzina / sex bebas, kawin sejenis, korupsi, miras, narkoba, judi, dll. Sebaliknya jika pemimpin non muslim kebanyakan / kemungkinan besar akan menganut kebebasan yang berlebihan, memperbolehkan rakyat-rakyatnya melakukan apa saja yang di anggap boleh di lakukan.Contohnya pemimpin-pemimpin negara barat membolehkan rakyatnya sex bebas, kawin sejenis, judi, miras, narkoba, dll. Bisa anda pikir sendiri dampak-dampak negatif akibat kebebasan yang berlebihan dari pemimpin-pemimpin non muslim di negara-negara barat sana. Selain itu dalam hal toleransi agama, pemimpin yang beragama islam bisa berdampingan dengan rakyatnya yang non muslim dan bisa mengayomi rakyatnya walaupun berbeda agama. lain halnya dengan pemimpin non muslim, dalam hal toleransi agama sama sekali tidak bisa di banggakan seperti di negara-negara barat sana rakyat islam banyak yang di bersihkan / di bantai dengan keji karena menjadi kaum minoritas. Masih banyak lagi kelebihan pemimpin yang beragama islam daripada pemimpin yang beragama non muslim.Di media-media masa sekarang ini banyak pemimpin-pemimpin islam yang terjerat kasus korupsi, tetapi setidaknya yang terpenting dalam negara itu aturan-aturan islam masih di tegakkan agar tidak menjadi negara yang hancur moralnya seperti negara-negara barat yang menganut kebebasan berlebihan.

Kamis, 28 November 2013

Khasiat / Manfaat Tanaman Sukun Untuk Kesehatan

 

Manfaat tanaman sukun

Tanaman sukun ini memiliki dari akar hingga pucuk daun khususnya terhadap kesehatan manusia :
 

1. BUAH SUKUN
Selain menjadi alternative pangan bagi penderita diabetes, buah sukun juga bersifat anti radang.


2. DAUN SUKUN
Daun sukun terbukti banyak bermanfaat menghalau penyakit ginjal, hati, dan jantung.


3. KAYU SUKUN
Ekstrak kayu sukun mengandung senyawa artocarpin yang memacu apoptosis pada sel kanker payudara.


4. AKAR SUKUN
Kulit akar mengandung sembilan senyawa flavon yakni ekstrak dichloromethane yakni cycloarticarpin, artocarpin, chaplashin dari inti akar dan morusin cudraflavone B, cycloartobiloxanthone, artonin, cudraflavone C dan artobiloxanthone.

Khasiat Sukun sebagai Obat

Daun Sukun Obat Panu
Penduduk di Kepulauan Pasifik menggunakan daun sukun untuk mengatasi panu akibat cendawan Pytirosporum orbiculare.

Cara mengolah daun sukun sebagai obat
Remas-remas daun tua lalu di osokan secara berulang-ulang pada bagian tubuh yang terdapat panu, sehari 2-3 kali. Cukup sepekan pengobatan, panu pun lenyap.


Daun Sukun Pereda Sariawan
Di India Barat, penduduknya kerap memanfaatkan daun sukun untuk mengatasi sariawan.

daun sukun kaya khasiat dan manfaat
Cara mengolah daun sukun agar berkhasiat
Pertama-tama tumbuk atau hancurkan daun sukun. Kemudian tempelkan dibagian mulut yang mengalami candidiasis mulut itu. Hasil riset dari universitas Padjadjaran, ekstrak mentanol daun sukun mampu menghambat pertumbuhan Candida Albicans penyebab sariawan dengan konsentrasi hambat minimum sebesar 13%.

Daun Sukun Mengatasi Pegal-Pegal
Untuk mengatasi pegal-pegal warga betawi biasa menggunakan rendaman daun sukun dengan 2 liter air. Biarkan mendidih hingga 10 menit. TAmbahkan 4 liter air pada hasil rebusan. Agar hasil maksimal berikan juga 1 sendok makan garam. Lantas gunakan untuk merendam kaki.

Berbagai khasiat daun sukun ini dapat kita manfaatkan langsung dari kebun maupun halaman di sekitar kita. Daun sukun sebagai obat asam urat juga banyak memberikan manfaat bagi kesehatan.

Sumber : Daun Sukun.com

Khasiat / Manfaat Sambal Atau Sambel Untuk Kesehatan


Hmm, panas-panas begini enaknya makan bakso nih biar kembali seger.. rasanya makan bakso kalo nggak pakai sambal kurang sedap. Tampaknya sambal udah jadi salah satu menu makanan yang lumayan favorit di lidah masyarakat Indonesia. Bahkan ada beberapa penelitian yang mengatakan bahwa katanya sambal juga memiliki khasiat yang bagus untuk kesehatan tubuh kita. Di restoran yang terkenal pun juga menyediakan sambal, jadi sepertinya kehadiran sambal mungkin udah ada dan dikenal oleh berbagai dunia, namun dengan cirri khas sambal yang berbeda-beda.


Khasiat makan sambal adalah dapat membuat selera makan kita menjadi bertambah, secara logikanya, kalo kita makan sambal, nanti kita kepedesan terus kita jadi nambah lagi nasinya dan lauknya juga, jadi porsi makan kita jadi bertambah kan? Hehehe….
Kandungan yang ada di dalam sambal juga memiliki khasiat yang bagus untuk kesehatan tubuh kita, seperti dapat membantu kita dalam menghadapi sakit jantung. Bagi orang yang sedang mengalami sakit flu ataupun demam.

Makan sambal dapat membantu menyembuhkan kedua penyakit tersebut, apalagi kalo makan sambal dengan menu makanan yang ada kuah dan panas, seperti makan bakso dengan sambal. Karena dengan makan panas dan ada sambal tersebut, tubuh kita akan mengeluarkan keringat sehingga kita jadi segar dan membantu kesehatan tubuh juga.
Bagi yang mau diet, terutama kaum wanita, sambal bisa jadi salah satu alternative yang mudah. Karena dengan makan – makanan yang ada sambal nya, dapat membuat kalori kita menjadi berkurang, karena sambal yang kita makan dapat membakar kalori yang ada di dalam tubuh kita. Mungkin ada penelitian tentang hal ini, tapi saya sendiri juga masih belum tau lebih lanjut tentang manfaat yang satu ini.
Sambal sendiri sebenarnya udah aja sejak lama, terutama di Indonesia. Indonesia popular juga dengan sambalnya karena rempah-rempah yang dihasilkan untuk membuat sambal ini. Kan kita tau bahwa rempah-rempah itu digunakan untuk berbagai macam hal dan dapat membuat tubuh kita menjadi lebih sehat, makanya waktu jaman penjajahan, bangsa asing banyak yang berdatangan ke Indonesia hanya untuk menguasai rempah-rempah di tanah air kita. Sepenting itukah?

Satu hal yang pasti dengan makan-makanan bumbu sambal ini adalah dapat menggoyang lidah kita, karena sambal juga dapat membuat masakan menjadi lebih sedap, sehingga lebih nikmat dan tentunya menggugah selera kita. 


 Asalkan makan sambalnya tidak berlebihan atau over dosis ^_^ Bisa bahaya juga.

Fakta Ilmiah, Ternyata GMT Bukan Di Greenwich, Tapi Di Ka’bah


Ternyata GMT Bukan Di Greenwich, Tapi Di Ka’bah (Fakta Ilmiah)

Ka’bah, rumah Allah sejuta ummat muslim merindukan berkunjung dan menjadi tamu - tamu Allah sang maha pencipta. Kiblatnya (arah) ummat muslim dalam melaksanakan sholat, dari negara manapun semua ibadah sholat menghadap ke kiblat ini.
Istilah Ka’bah adalah bahasa al quran dari kata “ka’bu” yg berarti “mata kaki” atau tempat kaki berputar bergerak untuk melangkah. Ayat 5/6dalam Al-quran menjelaskan istilah itu dg “Ka’bain” yg berarti ‘dua mata kaki’ dan ayat 5/95-96 mengandung istilah ‘ka’bah’ yg artinya nyata “mata bumi” atau “sumbu bumi” atau kutub putaran utara bumi.

Neil Amstrong telah membuktikan bahwa kota Mekah adalah pusat dari planet Bumi. Fakta ini telah di diteliti melalui sebuah penelitian Ilmiah.
Ketika Neil Amstrong untuk pertama kalinya melakukan perjalanan ke luar angkasa dan mengambil gambar planet Bumi, dia berkata, “Planet Bumi ternyata menggantung di area yang sangat gelap, siapa yang menggantungnya ?.”



Para astronot telah menemukan bahwa planet Bumi itu mengeluarkan semacam radiasi, secara resmi mereka mengumumkannya di Internet, tetapi sayang nya 21 hari kemudian website tersebut raib yang sepertinya ada alasan tersembunyi dibalik penghapusan website tersebut.

Setelah melakukan penelitian lebih lanjut, ternyata radiasi tersebut berpusat di kota Mekah, tepatnya berasal dari Ka’Bah. Yang mengejutkan adalah radiasi tersebut bersifat infinite ( tidak berujung ), hal ini terbuktikan ketika mereka mengambil foto planet Mars, radiasi tersebut masih berlanjut terus.

Para peneliti Muslim mempercayai bahwa radiasi ini memiliki karakteristik dan menghubungkan antara Ka’Bah di planet Bumi dengan Ka’bah di alam akhirat.

Makkah Pusat Bumi
Prof. Hussain Kamel menemukan suatu fakta mengejutkan bahwa Makkah adalah pusat bumi. Pada mulanya ia meneliti suatu cara untuk menentukan arah kiblat di kota-kota besar di dunia.

Untuk tujuan ini, ia menarik garis-garis pada peta, dan sesudah itu ia mengamati dengan seksama posisi ketujuh benua terhadap Makkah dan jarak masing-masing. Ia memulai untuk menggambar garis-garis sejajar hanya untuk memudahkan proyeksi garis bujur dan garis lintang.


Setelah dua tahun dari pekerjaan yang sulit dan berat itu, ia terbantu oleh program-program komputer untuk menentukan jarak-jarak yang benar dan variasi-variasi yang berbeda, serta banyak hal lainnya. Ia kagum dengan apa yang ditemukan, bahwa Makkah merupakan pusat bumi.


Ia menyadari kemungkinan menggambar suatu lingkaran dengan Makkah sebagai titik pusatnya, dan garis luar lingkaran itu adalah benua-benuanya. Dan pada waktu yang sama, ia bergerak bersamaan dengan keliling luar benua-benua tersebut. (Majalah al-Arabiyyah, edisi 237, Agustus 1978).

Gambar-gambar Satelit, yang muncul kemudian pada tahun 90-an, menekankan hasil yang sama ketika studi-studi lebih lanjut mengarah kepada topografi lapisan-lapisan bumi dan geografi waktu daratan itu diciptakan.

Telah menjadi teori yang mapan secara ilmiah bahwa lempengan-lempengan bumi terbentuk selama usia geologi yang panjang, bergerak secara teratur di sekitar lempengan Arab. Lempengan-lempengan ini terus menerus memusat ke arah itu seolah-olah menunjuk ke Makkah.

Studi ilmiah ini dilaksanakan untuk tujuan yang berbeda, bukan dimaksud untuk membuktikan bahwa Makkah adalah pusat dari bumi. Bagaimanapun, studi ini diterbitkan di dalam banyak majalah sain di Barat.
Allah berfirman di dalam al-Qur’an al-Karim sebagai berikut:

‘Demikianlah Kami wahyukan kepadamu Al Qur’an dalam bahasa Arab supaya kamu memberi peringatan kepada Ummul Qura (penduduk Makkah) dan penduduk (negeri-negeri) sekelilingnya..’ (asy-Syura: 7)

Kata ‘Ummul Qura’ berarti induk bagi kota-kota lain, dan kota-kota di sekelilingnya menunjukkan Makkah adalah pusat bagi kota-kota lain, dan yang lain hanyalah berada di sekelilingnya. Lebih dari itu, kata ummu (ibu) mempunyai arti yang penting di dalam kultur Islam.

Sebagaimana seorang ibu adalah sumber dari keturunan, maka Makkah juga merupakan sumber dari semua negeri lain, sebagaimana dijelaskan pada awal kajian ini. Selain itu, kata ‘ibu’ memberi Makkah keunggulan di atas semua kota lain.

Makkah atau Greenwich

Berdasarkan pertimbangan yang seksama bahwa Makkah berada tengah-tengah bumi sebagaimana yang dikuatkan oleh studi-studi dan gambar-gambar geologi yang dihasilkan satelit, maka benar-benar diyakini bahwa Kota Suci Makkah, bukan Greenwich, yang seharusnya dijadikan rujukan waktu dunia. Hal ini akan mengakhiri kontroversi lama yang dimulai empat dekade yang lalu.

Ada banyak argumentasi ilmiah untuk membuktikan bahwa Makkah merupakan wilayah nol bujur sangkar yang melalui kota suci tersebut, dan ia tidak melewati Greenwich di Inggris. GMT dipaksakan pada dunia ketika mayoritas negeri di dunia berada di bawah jajahan Inggris. Jika waktu Makkah yang diterapkan, maka mudah bagi setiap orang untuk mengetahui waktu shalat.
Makkah adalah Pusat dari lapisan-lapisan langit


Ada beberapa ayat dan hadits nabawi yang menyiratkan fakta ini. Allah berfirman, ‘Hai golongan jin dan manusia, jika kamu sanggup menembus (melintasi) penjuru langit dan bumi, maka lintasilah, kamu tidak dapat menembusnya melainkan dengan kekuatan.’ (ar-Rahman:33)

Kata aqthar adalah bentuk jamak dari kata ‘qutr’ yang berarti diameter, dan ia mengacu pada langit dan bumi yang mempunyai banyak diameter.

Dari ayat ini dan dari beberapa hadits dapat dipahami bahwa diameter lapisan-lapisan langit itu di atas diameter bumi (tujuh lempengan bumi). Jika Makkah berada di tengah-tengah bumi, maka itu berarti bahwa Makkah juga berada di tengah-tengah lapisan-lapisan langit.

Selain itu ada hadits yang mengatakan bahwa Masjidil Haram di Makkah, tempat Ka‘bah berada itu ada di tengah-tengah tujuh lapisan langit dan tujuh bumi (maksudnya tujuh lapisan pembentuk bumi)


Sumber : Day Ilmu Blog

Sejarah Pengobatan Cina

 
Munculnya penyakit mengikuti munculnya kehidupan. Dari awal manusia telah ada invasi oleh penyakit, sehingga dari saat-saat awal manusia telah mencari-cari cara untuk mengatasi penyakit. Penting untuk diingat bahwa kegiatan medis kami mulai jauh sebelum peradaban ada, sebelum ada bahasa tertulis atau catatan. Cina adalah salah satu negara yang paling awal beradab di dunia, materi arkeologi membuktikan bahwa akar dari bahasa Cina ditulis memperpanjang kembali tujuh ribu tahun. 
Teks-teks kuno dari jangka waktu awal menunjukkan catatan "Jarum Akupunktur Batu" sudah ada, yaitu penggunaan jarum yang terbuat dari batu untuk mengobati penyakit. Kemungkinan besar, ini adalah metode yang dikembangkan dan diwariskan dari zaman batu. Teks kuno juga merekam "Shen Nong selera seratus herbal dalam satu hari dan memenuhi racun tujuh puluh" dan "Fu Xi menarik delapan trigram, dan menciptakan sembilan jarum." Para sejarawan percaya bahwa Shen Nong dan Fu XI adalah pemimpin suku awal. 
Kemudian, sekitar 5.000 tahun yang lalu, pemimpin salah satu klan mengalahkan yang lain dan menjadi dikenal sebagai Kaisar Kuning, menduduki China tengah. Mereka kemudian mulai menenun sutera menjadi pakaian dan mendirikan bahasa formal tertulis. Dikatakan bahwa pada saat itu, Kaisar Kuning, seorang dokter bernama Qi Bo, dan penasihat yang terpercaya melakukan diskusi jauh luas dan penelitian kedokteran dan akupunktur. 2.500 tahun kemudian, pada Periode Musim Semi dan Gugur Warring States, catatan-catatan awal dan transmisi lisan dari masa Kaisar Kuning yang diedit ke dalam teks awal hidup yang ditulis oleh dokter spesialis, Klasik Kaisar Kuning of Internal Medicine, yang dibawa bersama-sama pengalaman medis dari kali dikenal paling awal.
Cina memiliki catatan rinci memerintah Imperial berturut-turut mulai dari dinasti Xia (sekitar 21 c SM sampai 16 SM c) Selama dinasti Shang, yang berhasil Xia, (c 16 SM sampai 11 SM c), Sejalan dengan perkembangan pertanian, pembuatan bir alkohol, sutra tenun, astronomi / astrologi, dan kalender semua melihat prestasi besar. Hari ini, kita masih mengagumi exquisiteness yang tiada bandingnya ware perunggu archaeologically digali dari dinasti Shang. Catatan digali ramalan dari dinasti Shang, dalam bentuk ukiran pada kulit kura-kura dan tulang hewan (oracle tulang), menunjukkan referensi untuk sakit kepala, penyakit mata, penyakit perut, parasit, dan penyakit lainnya. Pada saat itu, obat alkohol dan rebus senyawa obat sudah digunakan untuk mengobati penyakit. Yi Yin, seorang menteri dari pendiri dinasti Shang yang telah diangkat dari seorang budak kepada pejabat pemerintah, tercatat sebagai juga menjadi koki berbakat yang terampil dalam menggunakan herbal untuk membuat senyawa obat untuk penyakit rebus menyembuhkan.  
Catatan sejarah mencatat bahwa ia menulis sebuah buku berjudul, Classic Soup Yi Yin.
Dalam Zhou Barat Dinasti (11 c SM sampai 771 SM) dokter kekaisaran dibagi menjadi empat departemen: Diet (makanan dan minuman hygiene), Penyakit (penyakit dalam), Luka (obat luar), dan Kedokteran Hewan. Ada catatan medis menunjukkan sistem menggunakan dokter kepala untuk Administrasi dan mengevaluasi dokter lainnya. Jumlah bahan obat yang umum digunakan pada waktu itu melebihi 100, terdiri dari tumbuh-tumbuhan, bahan hewan, dan mineral. Fakta-fakta sejarah dicatat dalam sistem dinasti Zhou standar, Dinasti Zhou Ritus, kompilasi kuno pertama dari ayat, The Classic Puisi, dan The Classic Sea Mountain. Perlu dicatat adalah bahwa dalam dinasti Zhou, dokter diet diangkat ke posisi yang sangat tinggi dan terapi diet memiliki dampak besar pada generasi berikut. Secara historis, semua ahli medis Cina diuraikan pada aspek terapi pengobatan, dan bahan medica Cina mengandung berbagai jenis buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan daging. Hari ini, teks diet khusus yang berasal dari dinasti Tang, Kedokteran berjudul tengah Makanan dan Terapi Kuliner, masih diterbitkan di Cina. 
Musim Semi dan Gugur Periode Perang Negara (SM 770 - 221 AD), menghasilkan "Seratus sekolah pemikiran berpendapat" trend. Semua jenis ideologi akademik didorong dan mencapai tingkat yang cukup tinggi. Ia selama waktu ini bahwa peneliti medis menyusun catatan tertulis dan pengetahuan oral obat Cina dari zaman sebelumnya dan menulis Klasik Kaisar Kuning of Internal Medicine. Buku ini pengalaman sistematis dan konsolidasi medis kuno dan teori ke dalam satu ringkasan. Menggunakan ideologi filosofis Yin, Yang dan Lima Elemen, Klasik Kaisar Kuning of Internal Medicine menunjukkan bahwa tubuh manusia adalah suatu keseluruhan organik, dan bahwa kesehatan dan penyakit yang erat dengan lingkungan alam. Ini menguraikan teori meridian, serta isu-isu lain, seperti, fisiologi, patologi, pencegahan, diagnosis, pengobatan, akupunktur dan moksibusi, penggunaan materia medica, dll Klasik Kaisar Kuning of Internal Medicine merupakan prestasi cemerlang pengobatan Cina kuno di bidang mekanika kehidupan dalam tubuh manusia, pengetahuan tentang konstruksi tubuh dan fungsi, deskripsi darah dan sirkulasi, efek emosi pada kesehatan, penekanan pada pencegahan, dll membuat dampak yang luas dan mendalam pada berturut-turut generasi praktisi medis dan akademisi, dan telah terus dipandu aplikasi klinis kedokteran China.
 
Sayangnya, sebagai teks ini diwariskan dari satu generasi ke generasi berikutnya melalui banyak perang dan perubahan dinasti, beberapa artikel yang hilang. Klasik Kaisar Kuning yang kita miliki saat ini terdiri dari delapan belas jilid, 162 artikel. Musim Semi dan Gugur Periode Negara Berperang juga menghasilkan pertama dari beberapa dokter yang telah didewakan dalam legenda dan story.Known sebagai Bian Que (awalnya bernama Tai Yue Ren), ia mahir menggunakan akupunktur dan moksibusi, resep herbal rebus, dan pijat penyakit dalam, obat luar, ginekologi, dan pediatri untuk pengobatan segala macam penyakit. Selain itu, ia meletakkan dasar untuk penggunaan membaca pulsa untuk diagnosis dalam pengobatan Cina. Karya sejarah dari abad pertama SM Rekor Sejarah berisi teks yang menunjukkan keterampilan dan memberikan bimbingan pada pelaksanaan dokter. Dia dilatih cukup beberapa murid dan ajaran medisnya yang dirangkum dalam sebuah buku berjudul Classic Sulit untuk Mengobati Penyakit.
 
Ada seorang ilmuwan medis di periode Han Timur bernama Zhang Zhongjing (B150 AD d219 AD) yang menulis volume pekerjaan enam belas berjudul Diskusi Gangguan Induced Dingin. Dalam bidang epidemi, gangguan panas eksternal, jaundice, ginekologi, dan lain-lain, teks ini meletakkan satu set lengkap kepala pengobatan. Teori Zhang Zhongjing dan resep dari dokter masih besar nilai praktis today.The terkenal dari akhir periode Han Timur, Hua Tuo (B110 AD d208 AD, approx.) Adalah master dari setiap aspek kedokteran internal dan eksternal. Secara khusus, keterampilan bedah mencapai tingkat yang sangat tinggi. Dia menemukan obat bius yang disebut Mafei San (bius rebus), yang diambil secara lisan dan menyebabkan pasien kehilangan kesadaran. Dengan sadar pasien, adalah mungkin untuk menghilangkan tumor dan luka beracun di otot dan jaringan tulang. Dalam kasus di mana ada gangguan di perut atau usus, adalah mungkin untuk memotong melalui dinding perut dan melakukan operasi pada organ internal.

Setelah operasi, sayatan tersebut dijahit, dan krim yang dioleskan ke daerah. Luka dikatakan telah sembuh dalam empat atau lima hari, dan bahwa sebulan kemudian pasien sudah kembali normal. Selama Jin dan Dinasti Tang (265 M hingga 907 M), pengobatan Cina mengalami bedah development.After besar, sayatan tersebut dijahit, dan krim yang dioleskan ke daerah. Luka dikatakan telah sembuh dalam empat atau lima hari, dan bahwa sebulan kemudian pasien sudah kembali normal. Selama Jin dan Dinasti Tang (265 M hingga 907 M), pengobatan Cina mengalami perkembangan besar.

Dalam studi tentang asal-usul penyakit,, spesialisasi farmakologi diagnosis,, pelatihan medis, dan aspek lainnya, prestasi besar yang dibuat. Dinasti Tang adalah klimaks sejarah dalam pengembangan budaya Cina dan ekonomi. China dan negara-negara Arab, India, Jepang, dan lain-lain memiliki cukup banyak medis pertukaran, dan China menyerap banyak informasi medis dari negara-negara lain. Apotek arabic membuka toko di Cina, sehingga menyampaikan resep mereka. Banyak dokter spesialis maju, dan mereka menulis karya komprehensif banyak dengan konten berlimpah. Untuk hanya daftar nama-nama karya yang dihasilkan dalam jangka waktu tersebut akan mengambil beberapa halaman. Dalam artikel singkat ini kita dapat hanya sebentar menunjukkan beberapa highlights.
 
Selama abad ketiga Masehi (Jin dinasti), dokter spesialis Wang Shuhe diselenggarakan teori membaca pulsa dari Bian Que, Hua Tuo, Zhang Zhongjing, dan spesialis lainnya. Dia kemudian digabungkan informasi dengan pengalamannya sendiri dan menghasilkan karya pertama yang komprehensif China pada membaca pulsa, The Classic Pulse, yang terdiri dari sepuluh artikel secara total. Merangkum pulsa menjadi 24 jenis, dan menguraikan tentang hubungan antara pulsa, fisiologi, dan patologi. Ini sistematis teori dan metode membaca pulsa. Diagnosis pulsa merupakan salah satu prestasi yang luar biasa dari ilmuwan medicine.The besar Cina medis Ge Hong (lahir 284 AD d 364 AD.) Adalah seorang Taois yang terkenal alkemis. Selama hidupnya, ia menulis banyak karya, di antaranya adalah Resep dari Kabinet Emas, yang berisi 100 artikel. Penyakit dalam, obat luar, penyakit lain-lain, Qigong, dan daerah lainnya, ia memiliki informasi yang sangat berharga. Dalam Mereka yang Cherish Hidup (tujuh puluh artikel), ada dua puluh artikel dikhususkan untuk diskusi tentang "Lian Dan", atau formula umur panjang.

Dalam aspek obat-obatan kimia, menghasilkan kontribusi yang luar biasa. Karya Ge Hong terus pengetahuan yang mendalam untuk hari ini dan masa depan untuk para peneliti ilmuwan unearth.The Dinasti Tang medis, Sun Simiao (b540 AD d682 AD), berasal dari provinsi Shaanxi, Yao county. Dia adalah seorang anak ajaib, dan pada 15 dia tidak hanya memiliki pemahaman menyeluruh tentang Taoisme dan klasik dari banyak sekte, tetapi juga sangat diteliti klasik Budha. Sun Simiao tidak hanya dengan sungguh-sungguh mempelajari klasik kuno dari pengobatan Cina, ia juga rajin mengumpulkan pengalaman dari obat rakyat. Mengumpulkan pengetahuan dari begitu banyak sumber, ia mampu memahami, sistematisasi dan meringkas teori dan metode dari orang-orang yang datang sebelum dia, sehingga membawa konten baru untuk pengobatan Cina. Sun Simiao sangat diteliti dan dipahami setiap aspek dari pengobatan Cina, termasuk fisiologi, patologi, diagnosis, pengobatan, herbal, resep, dan teori penting lainnya, serta penyakit dalam, obat luar, ginekologi, pediatri, akupunktur, pijat, Qigong, alkimia , serta dietetics. Teks-nya, Seribu Formula Ducat, berisi 30 artikel, membagi setiap jenis penyakit ke dalam 232 kategori, diatur sesuai dengan sistem organ internal, serta metode medis modern. Isi berlimpah, termasuk 5.300 resep. Teks catatan isi dari karya-karya kuno sebelumnya yang kini hilang, serta pemusnahan obat dari rakyat biasa, ras minoritas, dan metode pengobatan asing. Ini juga memiliki resep banyak bahwa Sun Simiao menciptakan dirinya sendiri.  
Tambahan Nya kepada Seribu Rumus Ducat, juga mengandung 30 artikel, menguraikan banyak pada tumbuhan, memberikan instruksi untuk waktu yang tepat untuk metode panen dan pengolahan 233 jenis tumbuhan. Teks ini membawa titik yang karena perbedaan kualitas tanah, komposisi air yang berbeda, dan iklim yang berbeda, tumbuh-tumbuhan yang sama dari daerah yang berbeda dapat memiliki variasi yang besar dalam kualitas. Dia membuat rekaman rinci tentang lokasi herbal tumbuh dan juga dibagi bahan medis ke dalam kategori: jade, batu, tanaman (rumput dan pohon), serangga, ikan, buah, sayuran, biji-bijian, dan biji-bijian yang belum diolah. Secara total, ia meneliti 873 jenis bahan medis. Dia berkata, "Setiap kali mengobati penyakit, jika makanan dapat digunakan, maka tidak ada kebutuhan untuk minum obat." Dalam satu artikel, dia memperkenalkan bagaimana biji-bijian yang belum diolah, daging, buah-buahan, dan sayuran dapat diterapkan dalam mengobati penyakit. Dia percaya bahwa perempuan memiliki fisiologi khusus, dan bahwa selama menstruasi, kehamilan, persalinan dan lebih rentan terhadap penyakit. Dia dikategorikan penyakit ginekologi secara terpisah, dan menulis Resep Perempuan, sebesar tujuh artikel yang berisi 509 resep dan 27 moxibustion metode. Sun Simiao juga menulis secara ekstensif pada praktek seksual untuk kesehatan dan budidaya.

Selama periode Song dan Yuan (960 M hingga 1.368 M), karena penemuan teknologi pencetakan dan kemajuan lebih lanjut dalam pembuatan kertas, jumlah besar teks medis Cina yang dicetak dan diterbitkan. Ini pengobatan Cina disebabkan menyebar, sehingga menimbulkan penelitian luas dan mendalam. Spesialisasi dalam pengobatan Cina terus berkembang, dan banyak ahli muncul. Selain itu, sekolah yang berbeda pemikiran, dengan argumen akademik yang berbeda, muncul dan membawa pandangan baru yang points.During dinasti Song, ada koroner, Song Ci, yang pada 1.247 menulis Ketidakadilan Menghapus, berisi empat artikel, yang direkam anatomi manusia, metode koroner, pengobatan darurat, detoksifikasi, dan informasi lainnya. Teks ini adalah pekerjaan cukup awal pemeriksaan medis. Itu digunakan terus menerus selama 600 tahun, telah diterjemahkan ke dalam bahasa asing dan menyebar secara internasional.

Dalam akupunktur dan moksibusi, spesialis Wan Weiyi menulis The Classic Illustrated pada Akupunktur dan Moksibusi, yang mengandung tiga artikel. Selain itu, pada 1027, dia mendesain dan melemparkan dua ukuran kehidupan "Akupunktur dan Moksibusi Men Bronze" (akupunktur model), yang digunakan dalam pelatihan dokter dan pengujian. Meridian dan acupoints hati-hati diukir pada eksterior Man Perunggu ini (354 poin), dan selama penelitian dan pengujian, bagian luar Man Perunggu itu disegel dengan lilin, menyembunyikan poin, dan dalam diisi dengan air. Ketika jarum dimasukkan akurat ke titik, air akan bocor. Itu nilai yang besar dalam aplikasi praktis dan pendidikan. Selain itu, di bidang metodologi akupunktur "Arus Relatif" metode Song - Yuan menyebar periode dan menjadi lebih populer, menjadi lebih disempurnakan. Metode ini dikembangkan dari apa Klasik Kaisar Kuning of Internal Medicine panggilan "Langit dan Manusia adalah Saling." Hal ini dianggap bahwa perubahan dalam aliran darah dan Qi dalam tubuh manusia mengikuti perubahan siang dan malam dan empat musim, seperti pola dalam naik turunnya air pasang. Perubahan internal tubuh manusia fisiologis berfungsi sesuai dengan apa yang ilmu pengetahuan modern sebut "jam biologis". Pada waktu yang berbeda, titik akupunktur yang berbeda yang dipilih untuk mengobati penyakit, menghasilkan hasil yang fantastis.

Sebagai hasil dari upaya pemerintah dinasti Song untuk mengatur perdagangan obat-obatan, pelayanan obat didirikan. Mereka mengadopsi resep ilmuwan medis, serta orang-orang dari rakyat itu, dan teks resmi dari lima artikel berjudul Resep Menguntungkan Biro itu diterbitkan. Pada 1151, teks ditingkatkan menjadi sepuluh artikel, sistematisasi dan mengklasifikasikan obat ke dalam kelompok-kelompok seperti "Pil" dan "Kedokteran Powder". Klasifikasi ini membuat lebih mudah untuk menyimpan dan menggunakan obat-obatan. Pil terkenal dan resep bubuk dari waktu yang masih digunakan untuk today.The jumlah bahan medis yang digunakan dalam dinasti Song mencapai 1.746. Pada Song dan periode Yuan, perdagangan luar negeri di Cina sedang berkembang, dan ada 60 jenis obat-obatan Cina yang mencapai Eropa melalui pedagang Arab. Travels Marco Polo catatan keadaan pengobatan Cina diangkut ke dua kota Italia selama dinasti Yuan. Tahun 1270, pada masa Dinasti Song, rumah sakit gaya Arab didirikan di Cina, buku-buku tentang kedokteran Arab yang diterjemahkan ke dalam bahasa Cina, baik ramuan Cina memperkaya dan teknologi medis. 

Selama Dinasti Yuan, China dikendalikan oleh Mongol. Ada penindasan intelektual cukup parah dan orang-orang dipisahkan menjadi empat tingkat, mirip dengan sistem cor. Banyak intelektual beralih ke pengobatan meneliti, karena ada lebih banyak kebebasan di daerah ini. Ini menghasilkan cukup beberapa ilmuwan kedokteran terkenal, meskipun tidak mungkin untuk daftar semua dari mereka secara rinci di sini. Dari catatan khusus adalah ilmuwan medis Liu Wansu, Zhang Congzheng, Li Guo, dan Zhu Zhenheng.  
Masing-masing mengajukan poin pandangan baru dalam pengobatan Cina dan secara kolektif dikenal sebagai "Empat Masters Periode Yuan Jin". Jin mengacu pada dinasti sebelum Yuan. Di antara keempat, Liu Wansu disediakan diskusi mendalam fisiologi manusia, patologi, dan pentingnya lingkungan alam. Dia dibawa ke dalam bermain filosofi kedokteran Classic Kaisar Kuning of Internal Medicine, percaya bahwa dalam meneliti obat-obatan, seseorang tidak bisa mengabaikan hukum perubahan di alam. Apakah mempelajari fisiologi, patologi, diagnosis, atau pengobatan, seseorang harus membawa lingkungan alam dalam penelitian seseorang. Catatan-Nya pengobatan memiliki kandungan melimpah, dan penting untuk setiap practitioner.In dinasti Yuan, ortopedi China mengalami perkembangan yang signifikan. Seperti Cina berada di bawah kekuasaan asing, itu adalah periode panjang perang, pemberontakan dan kekacauan. Ada tentara dipasang banyak yang melanjutkan ekspedisi, sehingga ada luka eksternal banyak, sendi terkilir, dan patah tulang. Pada tahun 1343, sebuah teks khusus pada ortopedi, mencerminkan tingkat tinggi dicapai pada waktu itu, diterbitkan. Teks memperkenalkan metode pengaturan patah tulang belakang dengan menangguhkan pasien dan juga termasuk metode untuk menetapkan bahu terkilir, siku, lutut, dan pergelangan kaki. Selama perawatan, Flos Daturae (Yang Jin Hua) dan ramuan Cina lainnya yang digunakan untuk anestesi umum.  
Pada waktu itu, ini adalah metode yang paling maju di dunia. Di bidang ortopedi, pengobatan Cina memiliki teknik pengobatan cerdik serta internal dan senyawa herbal eksternal diterapkan untuk mempercepat penyembuhan. Sayangnya, banyak dari pengetahuan ini sekarang hanya ada di antara rakyat biasa.

Dinasti Ming dan Qing (1368 AD ke 1911 AD) ditandai periode berikutnya feodalisme. Pemikiran populer dan budaya adalah otokratik, mendorong jumlah yang lebih besar dari intelektual jauh dari diskusi masalah pemerintahan dan sosial dan terhadap dokumentasi dan sistematisasi pengobatan Cina. Banyak "Dokter Konghucu" muncul, belajar di luar sistem pemerintahan, biasanya dengan tetua keluarga atau sebagai magang dokter terkenal. Setiap bagian dari pengobatan Cina diperkaya, jumlah materia medica meningkat dan ada farmakolog banyak sekali baru achievements.The dari dinasti Ming, Li Shizhen, (b1518 AD d1593 AD) menghabiskan tiga puluh tahun konsultasi sekitar 800 teks dan secara pribadi panen herbal untuk digunakan dalam pengobatan untuk menulis klasik besar, Materia Medica, berisi 52 artikel. Teks berisi 1.900.000 karakter Cina dan catatan medis dari 1.892 bahan tumbuhan, hewan, dan mineral. Ada 1.110 ilustrasi dan 10.191 resep. 
Hal ini tidak hanya suatu pekerjaan yang besar pada studi bahan medis, tetapi juga teks rinci tentang botani, zoologi, dan mineralogi. Ada 1.094 herbal direkam dalam teks, merinci jenis mereka, bentuk, rasa, sifat dan aplikasi dalam pengobatan. Ini menyediakan informasi berharga untuk panen tanaman spesimen, pengakuan, dan diferensiasi. Dalam bidang fisiologi manusia, diagnosis, dan akupunktur dan moksibusi, teks juga menampilkan riset yang mendalam. Meskipun awalnya mengandung enam buku, cukup menyedihkan, tiga bagian telah hilang. Sebagai seorang pemuda, Li Shizhen telah mengambil ujian pelayanan sipil, tetapi melewati. Sistem pemeriksaan waktu itu menyebabkan banyak orang bakat besar untuk diabaikan, sehingga ia memilih untuk mencurahkan seluruh energinya untuk meneliti obat-obatan. Li Shizhen juga seorang penyair yang baik dan menulis tiga buku tentang sastra dan sejarah, semua hilang juga. Materia Medica Nya (dikenal di Cina sebagai Ben Cao Gangmu) lengkap ketika dia 61 (1578). 
Anehnya, dia tidak bisa menemukan orang untuk menerbitkannya. Tidak sampai tiga tahun sebelum kematiannya dia menemukan penerbit di Nanjing yang bersedia mencetaknya. Tahun sebelum kematiannya, ia membuat sampel dari teks sebagai hadiah untuk kaisar, dengan harapan bahwa kaisar akan tertarik pada penerbitan untuk kesejahteraan rakyat. Itu tiga tahun setelah kematiannya bahwa penerbit di Nanjing akhirnya keluar dengan cetakan pertama (1596). Anaknya disajikan dan didedikasikan tembusan kepada kaisar Dinasti Ming, tapi itu tidak sampai 1.603 bahwa edisi kedua diterbitkan. Hal ini kemudian menyebar dengan cepat di seluruh negeri dan menerima penerimaan luas. Ada cetak ulang beberapa lusin dan di tahun 1606 itu diterbitkan di Jepang. Kemudian, itu juga diterjemahkan ke dalam beberapa bahasa Eropa.

Selama dinasti Ming dan Qing, ada banyak penelitian pada penyakit menular dan kompleks panas akut. Banyak pengobatan yang efektif berasal dari ini, dan "Sekte Penyakit Hangat" dibentuk saat ini. Pada abad ke-16, China memproduksi vaksin buatan manusia cacar yang digunakan di seluruh negeri dan diekspor ke negara-negara lain. Pada abad 18 dan 19, pengobatan Tiongkok telah menyebar ke negara-negara Eropa dan Americas.In Ming dan Qing dinasti, percetakan cukup berkembang, dan banyak yang komprehensif, seri, dan teks khusus yang diproduksi. Misalnya, The Kuno - Encyclopedia medis modern, yang berisi 100 artikel. Resep Menguntungkan Populer, mengandung 168 artikel, menyatukan lebih dari 60.000 resep. Kuno - Modern Illustrated Classic - Rekaman Medis Lengkap, mengandung 520 artikel, mengumpulkan karya-karya dan prestasi kedokteran abad ke-18. Ini memiliki nilai yang berharga untuk referensi dan konsultasi. Banyak teks-teks lain oleh dokter spesialis yang diterbitkan selama periode juga.

Pengobatan Cina dikembangkan dan diturunkan dari waktu yang sangat awal, sehingga warisan telah meninggalkan sangat berlimpah. Menurut statistik dari pertengahan 1950-an, karya-karya dari periode sebelumnya melebihi 8.000, yang terdiri dari lebih dari 100.000 volume. Selain itu, karya dari sastra, sejarah Taoisme, dan Buddhisme semuanya mengandung banyak information.From medis awal Perang Opium pada tahun 1840, China terus dikalahkan oleh kekuatan-kekuatan luar. China kehilangan tanah di pampasan perang dan otonomi di banyak kota. Ada beberapa orang Cina yang, sebagai akibat dari krisis nasional, mengembangkan kompleks inferioritas budaya dan menghasilkan gelombang oposisi lengkap dengan budaya mereka sendiri. Kedokteran Barat mengambil akar, dan obat Cina pergi ke penurunan seratus tahun. Pada tahun 1914, pemerintah panglima perang Utara mengulurkan "Abaikan Pengobatan Cina" pernyataan, dan pada tahun 1928, di komite pusat pada kebersihan, Nasionalis (KMT) dimasukkan melalui resolusi untuk "Memusnahkan pengobatan Cina untuk menghilangkan hambatan dengan penyebab kedokteran dan kebersihan ". Selain itu, mereka memutuskan untuk menghapus enam metode pengobatan tradisional Cina. 

Setelah berdirinya Republik Rakyat Cina pada tahun 1949, Kementerian Kesehatan yang baru didirikan terus praktek Nasionalis 'mendukung kedokteran barat, melarang penggunaan pengobatan Cina di rumah sakit. Pada tahun 1953, Namun, seorang pejabat pemerintah terkait pusat mulai takut untuk hilangnya pengobatan Cina dan membawa masalah ini ke cahaya. Pada tahun 1954, pemerintah pusat mengirimkan memo seluruh negeri bahwa pengobatan Cina adalah harus didukung dan disimpan. Mulai di Nanjing, sebuah rumah sakit pengobatan Cina dan obat Cina universitas didirikan, dengan kota-kota lain untuk mengikuti jejak mereka dalam dua tahun ke depan. Pada tahun 1958, ia disarankan oleh pemerintah bahwa obat dokter Barat harus belajar tentang pengobatan Cina. Sayangnya, pengobatan Cina, sebagai cerminan dari kebudayaan tradisional Tiongkok, mengalami masa kesulitan ekstrim selama Revolusi Kebudayaan. Dari tahun 1966 sampai 1976, dokter tradisional dibersihkan dari, rumah sakit sekolah dan klinik, dan banyak praktisi lama dipenjara atau dibunuh. 
Pada tahun 1976, di bawah naungan Lu Binkui, pria yang mendirikan rumah sakit pertama dan universitas di Nanjing, dokumen itu kembali disampaikan kepada pemerintah pusat. Pesannya sederhana: ada dokter tradisional hampir tidak ada yang tersisa, dan bahwa tanpa tindakan segera, tidak mungkin untuk merakit setiap staf pengajar dan terakhir dari praktisi yang hidup akan mati. Sekali lagi, pemerintah pusat mengambil catatan, dan memo yang dikirim di seluruh negeri untuk mendukung pengobatan Cina. Pada tahun 1979, Asosiasi Nasional untuk Pengobatan Cina didirikan, dan banyak dari teks-teks tradisional mengalami mengedit dan ulang. Dalam beberapa dekade terakhir, sementara pengobatan Cina telah ada dalam keadaan rapuh, harapan juga tumbuh sebagai bunga di dalamnya tumbuh baik di Cina dan abroad.Chinese kedokteran telah mengalami hampir 100 tahun penolakan dan serangan, namun itu tidak diberantas. 
Hal ini karena dalam pelestarian pengobatan dan kesehatan, pengobatan Cina menghasilkan hasil yang luar biasa yang sulit untuk menggantikan, dan selalu menikmati tingkat tinggi popularitas di kalangan rakyat biasa. Dalam luasnya pedesaan Cina, bahkan lebih diterima dan mengandalkan. Mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan modern dan filsafat, beberapa ilmuwan mengakui nilai berharga dari pengobatan Cina. Sangat mungkin bahwa di masa depan hal ini akan membawa babak baru dalam pekerjaan menggali dan meneliti obat Cina. Ada beberapa ahli medis baik di Timur dan Barat yang juga percaya bahwa pengobatan Cina akan membuka jalur baru untuk pengobatan Barat, dan bahwa di Barat rumah harta pengobatan Cina menunggu penemuan.
 
Seorang Taois sejati di hati, almarhum Profesor Wang Jin-Huai (1935-2002) adalah seorang kaligrafer, sarjana klasik, dan praktisi pengobatan Cina dalam gaya Konfusianisme. Meneliti teks medis tradisional adalah salah satu dari cinta-Nya yang besar, terutama Klasik Kaisar Kuning of Internal Medicine. Kutipan diterjemahkan di atas diambil dari buku teks yang ditulis untuk digunakan oleh Barat mempelajari bahasa dan konsep pengobatan Cina sebelum memulai penelitian medis. Hal ini diterjemahkan oleh Roger W. Jacques dan diedit oleh Andrew Nugent-Kepala, MSOM. 
sumber : http://kesehatan-body.blogspot.com/2013/03/sejarah-pengobatan-cina.html

Senin, 25 November 2013

Ternak/Budidaya Cacing Tanah



Cacing tanah merupakan binatang yang menggelikan dan membuat jijik bagi sebagian orang. Walau begitu ternyata cacing tanah memiliki banyak kegunaan, diantaranya untuk bahan baku obat ataupun pakan ternak piaraan. Oleh karena itu bisnis UKM Kecil  budidaya cacing tanah layak di jadikan Peluang Usaha Budidaya Cacing Tanah yang menguntungkan bagi anda.

Dari hasil penelitian telah ditemukan bahwa cairan selom pada cacing tanah mengandung lebih dari 40 protein. Protein yang dimiliki oleh cacing tanah memiliki mekanisme antimikroba yang berbeda dengan mekanisme antibiotik. mekanisme yang dilakukan oleh protein yang dimiliki oleh cacing tanah adalah dengan membuat pori di dinding sel bakteri, dengan cara ini, bakteri menjadi lebih susah untuk menjadi resisten. Banyaknya manfaat yang diperoleh dari cacing tanah ini serta belum banyaknya pemain menjadikan budidaya cacing tanah sebagai peluang usaha yang menjanjikan.

Sebelum kita membahas lebih lanjut mengenai budidaya cacing tanah, ada baiknya kita lebih mengenal mengenai cacing tanah terlebih dahulu. Cacing tanah termasuk kelas Oligochaeta. Cacing tanah yang umum dikembangkan adalah Pheretima, Periony dan Lumbricus. Ketiga jenis cacing tanah ini menyukai bahan organik yang berasal dari pupuk kandang dan sisa-sisa tumbuhan.

Berikut sekilas akan kita bahas mengenai ketiga jenis cacing tanah tersebut:


1. Cacing tanah jenis Lumbricus
Bentuk tubuhnya pipih dengan jumlah segmen yang dimiliki sekitar 90-195 dan klitelum yang terletak pada segmen 27-32. Biasanya jenis ini kalah bersaing dengan jenis yang lain sehingga tubuhnya lebih kecil. Tetapi bila diternakkan besar tubuhnya bisa menyamai atau melebihi jenis lain. Jenis ini lebih unggul dari dua jenis lainnya dikarenakan produktivitasnya tinggi (penambahan berat badan, produksi telur/anakan dan produksi bekas cacing “kascing”) serta tidak banyak bergerak
2. Cacing tanah jenis Pheretima
Cacing dengan bentuk tubuh gilik panjang dan silindris berwarna merah keunguan. Segmennya mencapai 95-150 segmen. Klitelumnya terletak pada segmen 14-16. Cacing tanah yang termasuk jenis Pheretima antara lain cacing merah, cacing koot dan cacing kalung.
3. Cacing tanah jenis Perionyx
Memiliki bentuk gilik berwarna ungu tua sampai merah kecokelatan dengan jumlah segmen 75-165 dan klitelumnya terletak pada segmen 13 dan 17. Cacing ini biasanya agak manja sehingga dalam pemeliharaannya diperlukan perhatian yang lebih serius.

Manfaat Cacing Tanah


  1. Diawal pembahasan telah disinggung mengenai manfaat dari cacing tanah. Berikut ini akan kita bahas lebih jauh lagi mengenai manfaat cacing tanah.
  2. Dalam bidang pertanian, cacing tanah menghancurkan bahan organik sehingga memperbaiki aerasi dan struktur tanah. Akibatnya lahan menjadi subur dan penyerapan nutrisi oleh tanaman menjadi baik. Keberadaan cacing tanah akan meningkatkan populasi mikroba yang menguntungkan tanaman.
  3. Bahan Pakan Ternak
  4. Berkat kandungan protein, lemak dan mineralnya yang tinggi, cacing tanah dapat dimanfaatkan sebagai pakan ternak seperti unggas, ikan, udang dan kodok.
  5. Bahan pembuatan Obat dan bahan ramuan untuk penyembuhan penyakit.
  6. Secara tradisional cacing tanah dipercaya dapat meredakan demam, menurunkan tekanan darah, menyembuhkan bronchitis, reumatik sendi, sakit gigi dan tipus.
  7. Bahan Baku Kosmetik .
  8. Cacing dapat diolah untuk digunakan sebagai pelembab kulit dan bahan baku pembuatan lipstik.


Faktor Utama budidaya Cacing Tanah

Di dalam budidaya cacing tanah, hal pertama yang perlu diperhatikan adalah lokasi yang mendukung budidaya tersebut. Adapun faktor-faktor yang perlu diperhatikan adalah sebagai berikut :
Tanah sebagai media hidup cacing tanah harus mengandung bahan organik dalam jumlah yang besar. Bahan-bahan organik tanah dapat berasal dari serasah (daun yang gugur), kotoran ternak atau tanaman dan hewan yang mati. Cacing tanah sangat menyukai bahan-bahan yang mudah membusuk karena lebih mudah dicerna oleh tubuhnya.
Bagi pertumbuhan yang baik, cacing tanah memerlukan tanah yang sedikit asam sampai netral atau ph sekitar 6-7,2. Dalam kondisi ini, bakteri dalam tubuh cacing tanah dapat bekerja optimal untuk mengadakan pembusukan atau fermentasi.
Dalam budidaya cacing tanah, kelembaban yang optimal untuk pertumbuhan dan perkembangbiakan cacing tanah adalah antara 15-30 %.
Suhu yang diperlukan untuk pertumbuhan cacing tanah dan penetasan kokon adalah sekitar 15-25 derajat celcius atau suam-suam kuku. Suhu yang lebih tinggi dari 25 derajat C masih baik asal ada naungan yang cukup dan kelembaban optimal.
Supaya lebih mudah penanganan dan pengawasannya serta tidak terkena sinar matahari secara langsung ada baiknya apabila lokasi pemeliharaan cacing tanah diusahakan, misalnya di bawah pohon yang rindang, di tepi rumah atau di ruangan khusus (permanen) yang atapnya terbuat dari bahan-bahan yang tidak meneruskan sinar dan tidak menyimpan panas.

Panduan Teknis Budidaya Cacing Tanah


Sarana dan Peralatan
Membuat suatu usaha tidak harus mengeluarkan biaya yang besar, begitu juga dengan budidaya cacing tanah ini. Untuk pembuatan kandang kita bisa menggunakan bahan-bahan yang murah dan mudah didapat seperti bambu, rumbia, papan bekas, ijuk dan genteng tanah liat. Sebagai contoh pembuatan kandang permanen untuk peternakan skala besar adalah yang berukuran 1,5 x 18 m dengan tinggi 0,45 m. Didalamnya dibuat rak-rak bertingkat sebagai tempat wadah-wadah pemeliharaan. Bangunan kandang dapat pula tanpa dinding (bangunan terbuka). Model-model sistem budidaya, antara lain rak berbaki, kotak bertumpuk, pancing bertingkat atau pancing berjajar..

Pembibitan
Salah satu persiapan utama dalam membudidayakan cacing tanah adalah meramu media tumbuh, menyediakan bibit unggul, mempersiapkan kandang cacing dan kandang pelindung.
1) Pemilihan Bibit Calon Induk
Bibit cacing tanahdapat diperoleh dari alam, yaitu dari tumpukan sampah yang membusuk atau dari tempat pembuangan kotoran hewan. Namun apabila beternak cacing tanah secara komersial digunakan bibit yang sudah ada karena diperlukan dalam jumlah yang besar.
2) Pemeliharaan Bibit Calon Induk
Pemeliharaan dapat dibagi menjadi beberapa cara:
a. pemeliharaan cacing tanah sebanyak-banyaknya sesuai tempat yang digunakan. Cacing tanah dapat dipilih yang muda atau dewasa. Jika sarang berukuran tinggi sekitar 0,3 m, panjang 2,5 m dan lebar kurang lebih 1 m, dapat ditampung sekitar 10.000 ekor cacing tanah dewasa.
b. pemeliharaan dimulai dengan jumlah kecil. Jika jumlahnya telah bertambah, sebagian cacing tanah dipindahkan ke bak lain.
c. pemeliharaan kombinasi cara a dan b.
d. pemeliharaan khusus kokon sampai anak, setelah dewasa di pindah ke bak lain.
e. Pemeliharaan khusus cacing dewasa sebagai bibit.
3) Sistem Pemuliabiakan
Tahap berikutnya setelah media pemeliharaan telah siap dan bibit cacing tanah sudah ada, maka penanaman dapat segera dilaksanakan dalam wadah pemeliharaan. Bibit cacing tanah yang ada tidaklah sekaligus dimasukan ke dalam media, tetapi harus dicoba sedikit demi sedikit. Beberapa bibit cacing tanah diletakan di atas media, kemudian diamati apakah bibit cacing itu masuk ke dalam media atau tidak. Jika terlihat masuk, baru bibit cacing yang lain dimasukkan. Setiap 3 jam sekali diamati, mungkin ada yang berkeliaran di atas media atau ada yang meninggalkan media (wadah). Apabila dalam waktu 12 jam tidak ada yang meninggalkan wadah berarti cacing tanah itu betah dan media sudah cocok. Sebaliknya bila media tidak cocok, cacing akan berkeliaran di permukaan media. Untuk mengatasinya, media harus segera diganti dengan yang baru. Perbaikan dapat dilakukan dengan cara disiram dengan air, kemudian diperas hingga air perasannya terlihat berwarna bening (tidak berwarna hitam atau cokelat tua).
4) Reproduksi
Cacing tanah termasuk hewan hermaprodit, yaitu memiliki alat kelamin jantan dan betina dalam satu tubuh. Namun demikian, untuk pembuahan, tidak dapat dilakukannya sendiri. Dari perkawinan sepasang cacing tanah, masing-masing akan dihasilkan satu kokon yang berisi telur-telur. Kokon berbentuk lonjong dan berukuran sekitar 1/3 besar kepala korek api. Kokon ini diletakkan di tempat yang lembab. Dalam waktu 14-21 hari kokon akan menetas. Setiap kokon akan menghasilkan 2-20 ekor, rata-rata 4 ekor. Diperkirakan 100 ekor cacing dapat menghasilkan 100.000 cacing dalam waktu 1 tahun. Cacing tanah mulai dewasa setelah berumur 2-3 bulan yang ditandai dengan adanya gelang (klitelum) pada tubuh bagian depan. Selama 7-10 hari setelah perkawinan cacing dewasa akan dihasilkan 1 kokon.

Pemeliharaan
Tahap yang tidak kalah pentingnya dalam budidaya cacing tanah ini adalah pemeliharaan, dengan pemeliharaan yang baik pertumbuhan cacing tanah akan maksimaldan cepat. Adapun pemeliharaan yang perlu dilakukan adalah :

Penyediaan Pakan

  1. Cacing tanah diberi pakan sekali dalam sehari semalam sebanyak berat cacing tanah yang ditanam. Apabila yang ditanam 1 Kg, maka pakan yang harus diberikan juga harus 1 Kg. Secara umum pakan cacing tanah adalah berupa semua kotoran hewan, kecuali kotoran yang hanya dipakai sebagai media.
  2. Hal yang perlu diperhatikan dalam pemberian pakan pada cacing tanah,antara lain :
  3. pakan yang diberikan harus dijadikan bubuk atau bubur dengan cara diblender
  4. bubur pakan ditaburkan rata di atas media, tetapi tidak menutupi seluruh permukaan media, sekitar 2-3 dari peti wadah tidak ditaburi pakan.
  5. pakan ditutup dengan plastik, karung , atau bahan lain yang tidak tembus cahaya
  6. pemberian pakan berikutnya, apabila masih tersisa pakan terdahulu, harus diaduk dan jumlah pakan yang diberikan dikurangi. Bubur pakan yang akan diberikan pada cacing tanah mempunyai perbandingan air 1:1.


Penggantian Media
Media tanah yang sudah menjadi tanah/kascing atau yang telah banyak telur (kokon) harus diganti secara teratur. Supaya cacing cepat berkembang, maka telur, anak dan induk dipisahkan dan ditumbuhkan pada media baru. Rata rata penggantian media dilakukan dalam jangka waktu 2 Minggu

Proses Kelahiran
Bahan untuk media pembuatan sarang adalah: kotoran hewan, dedaunan/Buah-buahan, batang pisang, limbah rumah tangga, limbah pasar, kertas koran/kardus/kayu lapuk/bubur kayu. Bahan yang tersedia terlebih dahulu dipotong sepanjang 2,5 Cm. Berbagai bahan, kecuali kotoran ternak, diaduk dan ditambah air kemudian diaduk kembali. Bahan campuran dan kotaran ternak dijadikan satu dengan persentase perbandingan 70:30 ditambah air secukupnya supaya tetap basah.

Kendala dalam berternak cacing tanah
Seperti budidaya lainnya, usaha budidaya cacing tanah ini juga tidak terlepas dari kendala yang mungkin terjadi. Serangan hama dan penyakit merupakan salah satu faktor yang dapat menghambat keberhasilan beternak cacing tanah. Beberapa hama dan musuh cacing tanah antara lain: semut, kumbang, burung, kelabang, lipan, lalat, tikus, katak, tupai, ayam, itik, ular, angsa, lintah, kutu dan lain-lain.
Gangguan yang paling utama untuk diwaspadai adalah semut merah yang memakan pakan cacing tanah yang mengandung karbohidrat dan lemak. Padahal kedua zat ini diperlukan untuk penggemukan cacing tanah. Pencegahan terhadap serangan semut merah dapat di buat dengan cara disekitar wadah pemeliharaan (dirambang) diberi air cukup.

Panen
Hasil utama dalam budidaya cacing tanah adalah biomas (cacing tanah itu sendiri) dan kascing (bekas cacing). Pemanenan dapat dilakukan dengan beberapa cara, diantaranya dengan mengunakan alat penerangan seperti lampu petromaks, lampu neon atau bohlam. Cacing tanah sangat sensitif terhadap cahaya sehingga mereka akan berkumpul di bagian atas media. Kemudian kita tinggal memisahkan cacing tanah itu dengan medianya.
Cara panen yang paling mudah adalah dengan membalikan sarang. Dibalik sarang yang gelap ini cacing biasanya berkumpul dan cacing mudah terkumpul, kemudian sarang dibalik kembali dan pisahkan cacing yang tertinggal. Jika pada saat panen sudah terlihat adanya kokon (kumpulan telur), maka sarang dikembalikan pada wadah semula dan diberi pakan hingga sekitar 30 hari. Dalam jangka waktu itu, telur akan menetas. Dan cacing tanah dapat diambil untuk dipindahkan ke wadah pemeliharaan yang baru dan kascingnya siap di panen.
Setelah dipanen, cacing tanah siap dipasarkan. Pemasaran dapat dilakukan dalam bentuk segar ataupun sudah dikeringkan.

Sumber data
ristek.go.id, binaukm.com, google.com

Minggu, 24 November 2013

Budaya Vs Islam ( Budaya Yang Baik/Bermanfaat Harus Dilestarikan, Budaya yang Buruk/ Tidak Bermanfaat/Merugikan Wajib Ditinggalkan)


Assalamualaikum Wr.Wb
Dalam kehidupan ini kita tidak bisa lepas dari namanya budaya. Karena budaya merupakan peninggalan nenek moyang atau pendahulu-pendahulu kita di tanah kelahiran kita. Dalam Islam tidak melarang dalam melestarikan budaya tersebut asalkan tidak merugikan atau membawa dampak negatif bagi diri sendiri maupun orang lain. Contoh budaya yang perlu di tinggalkan karena membawa dampak negatif bagi diri sendiri maupun orang lain seperti budaya seks bebas, kawin sedarah, kawin sejenis, memberi sesajen pada pohon-pohon besar maupun punden, penggal kepala, potong jari, saling lempar makanan untuk memperingati hari tertentu dan masih banyak lagi.Islam melarang budaya-budaya tersebut bukan tanpa alasan, selain berdampak negatif juga tidak bermanfaat untuk di lestarikan. Contoh budaya  yang bermanfaat dan perlu di lestarikan seperti wayang kulit, membatik, karawitan, keris dalam artian senjata tanpa di isi makhluk-makhluk gaib, angklung, tari saman, berhijab/berjilbab bagi perempuan, membagikan makanan/takjil pada orang-orang berpuasa, Doa bersama-sama/pengajian, marawis,bersiwak, dan masih banyak lagi. Dalam Islam mempunyai Al-quran sebagai pedoman hidup agar kita bisa berpikir jernih tau mana yang baik dan mana yang tidak baik. Islam melarang yang tidak baik dan tidak bermanfaat pasti dengan alasan yg kuat dan jelas. Tinggal kita sebagai manusia harus punya pendirian yang kuat tau mana yang baik dan mana yang tidak baik. Tau mana yang bermanfaat dan tidak bermanfaat. Sekian dari uneg-uneg saya kurang lebihnya mohon maaf. Kesempurnaan hanya milik Allah SWT.

Wassalamualaikum Wr.Wb

Kamis, 21 November 2013

BERLIAN DISEKITAR KITA


Ada seorang petani di Afrika yang selalu bahagia dan puas. Ia senang karena segalanya sudah ia miliki. Ia puas karena ia senang. Suatu hari seorang bijak datang kepadanya dan menceritakan tentang kemuliaan berlian dan kekuatan yang ada padanya. Orang bijak itu mengatakan, “Jika Kau memiliki berlian seukuran ibu jari, maka Kau akan memiliki kotamu. Jika Engkau memiliki berlian sebesar kepalan tangan, bisa jadi negara pun akan kau miliki.” Kemudian orang bijak itu pun pergi.
Malam itu sang petani tidak bisa tidur. Ia tidak bahagia dan ia tidak puas. Ia sedih karena ketidakpuasannya, ketidakpuasan karena ia tidak senang. Keesokan harinya ia membuat persiapan untuk menjual ladangnya, memberitahu keluarganya dan pergi mencari berlian.
Ia telah berkeliling ke berbagai tempat namun tidak satupun berlian ia temukan. Tenaganya baik secara emosional, fisik dan finansial pun terkuras. Sampai akhirnya ia kecewa dan bunuh diri menceburkan ke laut.
Di ladang yang telah dijualnya, orang yang telah membeli ladangnya sedang menyiram unta di sebuah sungai yang mengalir melalui pertanian. Di seberang sungai, sinar matahari pagi menghantam batu dan membuatnya berkilau seperti pelangi. Ia mengambil batu itu dan meletakkannya di ruang tamu.
Sore itu orang bijak datang dan melihat batu berkilau itu. Ia bertanya, “Apakah petani itu kembali?” Pemilik ladang baru itu mengatakan, “Tidak, mengapa kau bertanya?” Orang bijak itu menjawab, “Karena itu adalah berlian. Aku mengatakannya karena aku pernah melihatnya.” Pemilik ladang itu berkata, “Tidak, itu hanya batu yang aku ambil dari sungai. Ayolah, aku tunjukkan. Masih banyak lagi di sungai.”
Mereka pergi dan mengambil beberapa batu untuk dikirimkan dan dianalisis. Benar saja, batu-batu itu adalah berlian. Mereka menemukan bahwa di bawah pertanian tersebut terdapat berhektar-hektar batu berlian.
Moral dari cerita ini bahwa peluang selalu ada di dekat kita. Kita tidak perlu pergi ke manapun, asalkan kita mengenalinya. Terkadang rumput tetangga kita pandang lebih bijau. Sementara kita menikmati rumput tetangga, ada orang lain yang menikmati rumput di tempat kita. Mereka dengan senang hati bertukar tempat dengan kita. Kenalilah kesempatan yang ada di sekitar kita.

Sumber : Intisari Online.com

Jumat, 15 November 2013

15 ciri Kesesatan Syi'ah Yang Sangat Menyimpang Dari Agama Islam





Penganut Agama Syi'ah di Indonesia.

(Arrahmah.com) - Indonesia tengah menjadi target Syi’ahisasi besar-besaran. Hingga kini banyak pengikutnya berada di berbagai wilayah Indonesia, terutama di Jawa Barat dan Sulawesi Selatan.
Jumlah penganut Syiah di Indonesia Ketua Dewan Syura Ikatan Jamaah Ahlul Bait Indonesia (IJABI) Jalaluddin Rakhmat, pernah mengatakan kisaran jumlah penganut Syiah di Indonesia , “Perkiraan tertinggi, 5 juta orang. Tapi, menurut saya, sekitar 2,5 jiwa,” kata Kang Jalal, sapaan Jalaluddin Rakhmat. Pemeluk Syiah, kata Kang Jalal melanjutkan, sebagian besar ada di Bandung, Makassar, dan Jakarta. Selain itu, ada juga kelompok Syiah di Tegal, Jepara, Pekalongan, dan Semarang; Garut; Bondowoso, Pasuruan, dan Madura.
Diperkirakan, kebanyakan dari mereka sedang melakukan taqiyah dalam rangka melindungi diri dari kelompok Sunni. Taqiyah adalah kondisi luar seseorang dengan yang ada di dalam batinnya tidaklah sama. Memang taqiyah juga dikenal di kalangan Ahlus Sunnah. Hanya saja menurut Ahlus Sunnah, taqiyah digunakan untuk menghindarkan diri dari musuh-musuh Islam alias orang kafir atau ketika perang maupun kondisi yang sangat membahayakan orang Islam.
Ketua Dewan Syura Ikatan Jamaah Ahlul Bait Indonesia (IJABI), Jalaluddin Rakhmat.
Sementara itu menurut Syi’ah bahwa Taqiyah wajib dilakukan. Jadi taqiyah adalah salah satu prinsip agama mereka. Taqiyah dilakukan kepada orang selain Syi’ah, seperti ungkapan bahwa Al Quran Syi’ah adalah sama dengan Al Quran Ahlus Sunnah. Padahal ungkapan ini hanyalah kepura-puraan mereka. Mereka juga bertaqiyah dengan pura-pura mengakui pemerintahan Islam selain Syi’ah.
Menurut Ali Muhammad Ash Shalabi, taqiyah dalam Syiah ada empat unsur pokok ajaran; Pertama, Menampilkan hal yang berbeda dari apa yang ada dalam hatinya.  Kedua, taqiyah digunakan dalam berinteraksi dengan lawan-lawan Syiah. Ketiga, taqiyah berhubungan dengan perkara agama atau keyakinan yang dianut lawan-lawan. Keempat, digunakan di saat berada dalam kondisi mencemaskan
Menurut Syaikh Mamduh Farhan Al-Buhairi di Majalah Islam Internasional Qiblati, ciri-ciri pengikut Syi’ah sangat mudah dikenali, kita dapat memperhatikan sejumlah cirri-ciri berikut:
  1. Mengenakan songkok hitam dengan bentuk tertentu. Tidak seperti songkok yang dikenal umumnya masyarakat Indonesia, songkok mereka seperti songkok orang Arab hanya saja warnanya hitam.
  2. Tidak shalat jum’at. Meskipun shalat jum’at bersama jama’ah, tetapi dia langsung berdiri setelah imam mengucapkan salam. Orang-orang akan mengira dia mengerjakan shalat sunnah, padahal dia menyempurnakan shalat Zhuhur empat raka’at, karena pengikut Syi’ah tidak meyakini keabsahan shalat jum’at kecuali bersama Imam yang ma’shum atau wakilnya.
  3. Pengikut Syi’ah juga tidak  akan mengakhiri shalatnya dengan mengucapkan salam yang dikenal kaum Muslimin, tetapi dengan memukul kedua pahanya beberapa kali.
  4. Pengikut Syi’ah jarang shalat jama’ah karena mereka tidak mengakui shalat lima waktu, tapi yang mereka yakini hanya tiga waktu saja.
  5. Mayoritas pengikut Syi’ah selalu membawa At-Turbah Al-Husainiyah yaitu batu/tanah (dari Karbala – redaksi) yang digunakan menempatkan kening ketika sujud bila mereka shalat tidak didekat orang lain.
  6. Jika Anda perhatikan caranya berwudhu maka Anda akan dapati bahwa wudhunya sangat aneh, tidak seperti yang dikenal kaum Muslimin.
  7. Anda tidak akan mendapatkan penganut Syi’ah hadir dalam kajian dan ceramah Ahlus Sunnah.
  8. Anda juga akan melihat penganut Syi’ah banyak-banyak mengingat Ahlul Bait; Ali, Fathimah, Hasan dan Husain radhiyallahu anhum.
  9. Mereka juga tidak akan menunjukkan penghormatan kepada Abu Bakar, Umar, Utsman, mayoritas sahabat dan Ummahatul Mukminin radhiyallahu anhum.
  10. Pada bulan Ramadhan penganut Syi’ah tidak langsung berbuka puasa setelah Adzan maghrib; dalam hal ini Syi’ah berkeyakinan seperti Yahudi yaitu berbuka puasa jika bintang-bintang sudah nampak di langit, dengan kata lain mereka berbuka bila benar-benar sudah masuk waktu malam. (mereka juga tidak shalat tarwih bersama kaum Muslimin, karena menganggapnya sebagai bid’ah)
  11. Mereka berusaha sekuat tenaga untuk menanam dan menimbulkan fitnah antara jamaah salaf dengan jamaah lain, sementara itu mereka mengklaim tidak ada perselisihan antara mereka dengan jamaah lain selain salaf. Ini tentu tidak benar.
  12. Anda tidak akan mendapati seorang penganut Syi’ah memegang dan membaca Al-Qur’an kecuali jarang sekali, itu pun sebagai bentuk taqiyyah (kamuflase), karena Al-Qur’an yang benar menurut mereka yaitu al-Qur’an yang berada di tangan al-Mahdi yang ditunggu kedatangannya.
  13. Orang Syi’ah tidak berpuasa pada hari Asyura, dia hanya menampilkan kesedihan di hari tersebut.
  14. Mereka juga berusaha keras mempengaruhi kaum wanita khususnya para mahasiswi di perguruan tinggi atau di perkampungan sebagai langkah awal untuk memenuhi keinginannya melakukan mut’ah dengan para wanita tersebut bila nantinya mereka menerima agama Syi’ah. Oleh sebab itu Anda akan dapati;
  15. Orang-orang Syi’ah getol mendakwahi orang-orang tua yang memiliki anak putri, dengan harapan anak putrinya juga ikut menganut Syi’ah sehingga dengan leluasa dia bisa melakukan zina mut’ah dengan wanita tersebut baik dengan sepengetahuan ayahnya ataupun tidak. Pada hakikatnya ketika ada seorang yang ayah yang menerima agama Syi’ah, maka para pengikut Syi’ah yang lain otomatis telah mendapatkan anak gadisnya untuk dimut’ah. Tentunya setelah mereka berhasil meyakinkan bolehnya mut’ah. Semua kemudahan, kelebihan, dan kesenangan terhadap syahwat ini ada dalam diri para pemuda, sehingga dengan mudah para pengikut Syi’ah menjerat mereka bergabung dengan agama Syi’ah.
Ciri-ciri mereka sangat banyak. Selain yang kami sebutkan di atas masih banyak ciri-ciri lainnya, sehingga tidak mungkin bagi kita untuk menjelaskan semuanya di sini. Namun cara yang paling praktis ialah dengan memperhatikan raut wajah. Wajah mereka merah padam jika Anda mencela Khomeini dan Sistani, tapi bila Anda menghujat Abu Bakar, Umar, Utsman, Aisyah dan Hafshah, atau sahabat-sahabat lainnya radhiyallahu anhum tidak ada sedikitpun tanda-tanda kegundahan di wajahnya.
Akhirnyadengan hati yang terang Ahlus Sunnah dapat mengenali pengikut Syi’ah dari wajah hitam mereka karena tidak memiliki keberkahan, jika Anda perhatikan wajah mereka maka Anda akan membuktikan kebenaran penilaian ini, dan inilah hukuman bagi siapa saja yang mencela dan menyepelekan para sahabat Nabi shallallahu alaihi wa sallam dan para ibunda kaum Musliminradhiyallahu anhunn yang dijanjikan surga oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala. Kita memohon hidayah kepada Allah untuk kita dan mereka semua.
Wallahu a’lam.

Sumber: Arrahmah.com